Capaian Pembelajaran

Sikap

KodeCapaian Pembelajaran
S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S11Mengimplementasikan nilai-nilai Aswaja dalam kehidupan sehari-hari

Pengetahuan

KodeCapaian Pembelajaran
P1Mampu berpikir kreatif sehingga dapat memberikan solusi melalui karya desain;
P2Menguasai konsep komunikasi visual sebagai dasar menghasilkan desain yang bermanfaat;
P3Menguasai pemahaman dasar seni dan teknologi sebagai akar dari desain komunikasi visual; dan
P4Menguasai prinsip-prinsip dasar desain dalam kaitannya dengan memulai, merencanakan, dan mengapresiasi karya.

Keterampilan Umum

KodeCapaian Pembelajaran
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU4Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

KodeCapaian Pembelajaran
KK1Memiliki kompetensi dengan keahlian di bidang desain grafis, multimedia, dan advertising;
KK2Memiliki jiwa kewirausahaan dalam bidang desain grafis, multimedia, dan advertising; dan
KK3Melaksanakan proses pembelajaran desain dengan memanfaatkan berbagai macam perangkat desain untuk menghasilkan karya desain yang bermanfaat bagi masyarakat.