BERITA DKV

Re-Sik, Game Peduli Lingkungan Karya Mahasiswa DKV UNUSIDA

Ilmansyah, DKV Angkatan 2016


Ilmansyah mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual UNUSIDA telah berhasil membuat game kreatif yang memiliki 2 aspek sekaligus, yakni edukasi dan hiburan. Dia juga membagikan pengalamannya ketika bisa membuat game RESIK untuk tugas akhirnya, “Dari soft skill yang saya dapatkan, saya berkeinginan membuat game dan itu saya terapkan di tugas akhir. Alasan saya membuat game salah satunya yaitu ingin membuat sebuah media yang memiliki 2 aspek sekaligus, yaitu edukasi dan hiburan. “Game Re-sik” itu yang saya buat, resik berarti bersih dalam bahasa jawa, sesuai harapan saya dalam membuat game ini, agar orang yang memainkan memahami pentingnya kebersihan sehingga saya harap dapat tercipta lingkungan yang bersih dari para audience yang memaikan game saya”. Pungkas mahasiswa yang akrap disapa Ilmansyah ini. Mahasiswa yang memasuki tingkat akhir ini mengungkapkan rasa senangnya berkuliah di UNUSIDA “Berkuliah di prodi Desain Komunikasi Visual UNUSIDA merupakan hal yang menarik, karena lingkungan belajar yang menyenangkan, serta teman-teman dan para dosen”. (2021)

Webtoon Dream Big, Karya Mahasiswa DKV UNUSIDA

David Mahendra, DKV Angkatan 2017


Seni memiliki berbagai macam jenis yang berbeda. Selalu ada karya-karya yang menakjubkan untuk para pecinta seni termasuk juga seni ilustrasi. Seperti salah satu alumni UNUSIDA ini, yang telah berhasil membuat Komik Webtoon. Dia juga membagikan pengalamannya ketika bisa membuat Komik untuk tugas akhirnya itu, dia sangat senang karena memperoleh pengalaman yang sangat berharga pada saat berkesempatan membuat Komik Webtoon untuk tugas akhirnya “Saya membuat komik webtoon sebagai tugas akhir saya, karena saya mempunyai hobi menggambar dan di sini saya bisa menuangkan basic ilustrasi saya. Serta di prodi Desain Komunikasi Visual ini ada kelas Komik yang membuat saya bisa terasah kemampuan saya dalam membuat komik” pungkasnya remaja yang akrab disapa David ini. David juga menyampaikan kesannya selama berkuliah di UNUSIDA, “Selama menempuh pendidikan di UNUSIDA saya mendapatkan pengalaman yang lebih dari ekspetasi saya dalam menjalani dunia perkuliahan. Karena saya dapat mengenal banyak dosen yg benar- benar baik, dan mereka bisa mengerti posisi mahasiswanya (untuk yang baru mengenal DKV). Dan pasti nya lebih nyaman karena kondisi kelas yang lebih baik dari pada sebelumnya. Lebih singkatnya pengalaman ini terasa “Capek tapi menyenangkan”. Kunjungi Webtoon Dream Big (2021)

Mahasiswa prodi Desain Komunikasi Visual UNUSIDA berhasil memenangkan lomba Poster yang diadakan oleh Pemkab. Sidoarjo.

Alaik, Mahasiswa DKV Angkatan 2016


Mahasiswa prodi Desain Komunikasi Visual UNUSIDA berhasil memenangkan lomba Poster yang diadakan oleh Pemkab. Sidoarjo. Mahasiswa yang akrab disapa Alaik ini juga membagikan pengalamannya ketika bisa ikut berpartisipasi dalam ajang lomba yang diakadan oleh Pemkab.Sidoarjo, “Dari skill yang saya dapat, saya memiliki banyak peluang. Diantaranya saya dapat memenangkan lomba poster Gempur Rokok Ilegal Sidoarjo yang diadakan oleh Pemkab. Sidoarjo. Tidak menyangka bisa terpilih menjadi salah satu pemenang, saya bangga dengan hasil karya yang saya buat sendiri dengan sungguh-sungguh dan tidak menggambil desain orang lain dari internet dengan bebas. Saya harap banyak teman-teman DKV yang mengikuti kompetisi-kompetisi seperti itu, karena saya yakin pasti teman-teman DKV juga memiliki potensi yang sama” pungkasnya. Mahasiswa tingkat akhir ini ikut menyerukan tentang kuliah di UNUSIDA,“Mahasiswa bisa terpacu untuk selalu kreatif, serta praktek kerja nyata (magang). Serta lingkungan yang menyenangkan baik dari teman-teman dan dosen”. Serunya. (2021)

Webinar Series : Sharing Ilmu Mahasiswa DKV tentang Aplikasi Komputer

Mahasiswa DKV Angkatan 2020


Ditengah pandemi yang melanda ini kegiatan di kampus masih sangat dibatasi. Oleh karena itu untuk mengobati rasa rindu, mahasiswa mengadakan Webinar Online yang mengangkat tema Aplikom (Aplikasi Komputer). Webinar ini diadakan di akhir semester, dan untuk memenuhi salah satu mata kuliah yang ditempuh pada semester tersebut. Maulana Bakhrul Hikam, selaku ketua pelaksana pada kegiatan tersebut membagikan pengalamannya, “Saat akhir semester ini saya dan teman-teman kelas saya memiliki tugas membuat acara webinar untuk memenuhi salah satu mata pelajaran yaitu Aplikom. Saya mendapatkan tanggung jawab menjadi Ketua acara. Pengalaman pertama bagi saya terlibat dalam acara webinar seperti ini, biasanya hanya sebagai peserta. Sedikit Tegang dan binggung, karena saya harus memastikan agar semua berjalan lancar sesuai harapan dan semua panitia bertanggung jawab pada jobdisknya masing-masing. Acara webinar berlangsung lancar, hanya terkendala dalam masalah jaringan saja karena sinyal” serunya. Mahasiswa yang akrab disapa Rofi, juga membagikan pengalamannya saat menjadi panitia Webinar, “Salah satunya yaitu Acara webinar, kegiatan ini sangat bermanfaat. Banyak yang saya dapatkan diantara lain yaitu mendapatkan pengalaman baru, belajar untuk memanajemen waktu, relasi baru dan lainnya. Webinar berjalan dengan lancar” pungkasnya. Selain dapat bersilaturrahmi secara virtual dan berbagi ilmu, acara webinar seperti ini banyak di jadikan solusi untuk berbagi ilmu oleh kebanyakan orang. Puluhan bahkan ratusan orang dapat mendapatkan ilmu dengan cara virtual. Desain pamflet dapat di share di media sosial dengan mudah dan cepat. Feri, mahasiswa yang menjadi panitia bidang desain membagikan pengalamannya, “Salah satu pengalaman yang saya dapatkan di saat menjadi mahasiswa yang masih terhitung baru ini adalah pengalaman dalam acara webinar. Untuk pertama kalinya saya terlibat dalam acara webinar (sebagai panitia), banyak hal yang saya dapatkan dan untuk pertama kalinya saya membuat desain pamflet dan sertifikat untuk acara seperti ini” Serunya. (2021)